Coretan kali ini aknan membahhas tentang pembuatan object 3D menggunakan blender.sebenarnya pelajaran ini sudah kami dapat dari minggu kemarin dan saya dapat dari anak-anak magang S1 PTIK UNS di SEAMOLEC.  Sebelum lebih lanjut belajar membuat sebuah object 3D maka kita harus mengetahui dulu  mengenai  beberapa fungsi mouse serta sortcut-sortcut menggunakan keyboard untuk memudahkan kita dalam membuat object 3D menggunakan Blender.
Ini dia Sortcut dan fungsi-fungsinya.

Fungsi Mouse :
- Klik Kanan : Seleksi Objek
- Scroll : Zoom in / Zoom Out
- Klik Scroll seret mouse : Melihat objek dari berbagai sudut

Fungsi Keyboard :
- Tab : Menggati Mode
- Ctrl + Tab : Mengganti Jenis Mode Mesh (Vertex, Edge, Face)
- Ctrl + R : Menambah garis vertex
- CTRL + ALT + Q : membagi 4 layar

- S (Scale) : Memberbesar Objek
 - s + x : memperbesar objek arah horizontal
- s + y : melebarkan objek searah sumbuh y
- s + z : memperbesar objek arah vertikal

- r (rotate) : memutar obyek
- r + x : memutar obyek pada sumbu x
- r + y : memutar obyek pada sumbu y
- r + z : memutar obyek pada sumbu z

- A : seleksi semua / menghilangkan seleksi
- B : Seleksi objek dengan mode kotak
- C : Seleksi Objek dengan mode bulat
- Z : Mengubah View Port Shading

Selain Itu ada beberapa istilah yang umumnya digunakan dalam membuat obyek 3D yaitu antara lain:

1.       vertex : menyeleksi dari sisi sudut
2.       edge : menyeleksi dari tepi garis
3.       face : menyeleksi dari tengah titik
4.       edit mode : mode yang digunakan untuk mengedit vertex, edge, dan face pada sebuah object
5.       object mode : mode object secara utuh.
6.       Render : melihat hasil gambar.
7.       Material : untuk pewarnaan
8.       Texture : untuk menambahkan texture.

Oke mungkin cukup itu dulu yang perlu di ketahui untuk dapat memulai membuat sebuah object. Silahkan di coba-coba dan lihat bedanya. Banyak mencoba pasti banyak tahu. Hehe... :D
Sampai jumpa,,