Subscribe Us

Pengembangan Karakter | Perkuliahan D1 ITB tahap 1(a)



1.        Temukan makna yang sangat berarti sebagai motivasi
-- Carilah dan tuliskan 5 makna (arti penting) mengikuti program D1 ITB.
-- Buatlah penilaian 5 makna tersebut dari yang paling bermakna sampai yang paling kecil maknanya.

Jawaban:

                     i.            Saya di sini yang pertama adalah bercita-cita ingin membahagiakan kedua orang tua Orang Tua.
                    ii.            Saya akan terus belajar dimanapun saya berada dan dari siapapun itu.Sesuai Perintah dari Tuhan YME
                  iii.            Yang Ketiga saya di sini ingin menambah relasi / pertemanan dengan teman-teman dari berbagai daerah yang insyaallah akan bermanfaat bagi saya dan juga teman-teman nantinya.
                  iv.            Menambah pengalaman juga yang pasti. dengan kuliah di ITB yang merupakan Salah satu universitas ternama di Indonesia.
                   v.             Meningkatkan Kemampuan yang saya miliki, yang saya anggap masih banyak kekurangannya.

2.       Kegiatan generik harian saat ini
Sebelum mengikuti program D1 ITB setiap peserta pasti memiliki kegiatan harian. Sekarang, tulis kegiatan harian tersebut, sesuai yang dilakukan sehari-hari. Tidak perlu sama untuk setiap peserta. Tidak perlu merasa salah kalau berbeda dengan rekan lain.

Jawaban:

23.00 – 05.00       Tidur malam dan bangun tidur.
04.00 – 06.00       Menonton televisi / browsing internet.
06.00 – 07.30       Olah raga
07.30 – 08.00.           Mandi
08.00 – 09.00       Persiapan kuliah/ Magang
09.00 – 12.00       Belajar, Magang.
12.00 – 13.00        Istirahat,Makan siang
13.00 – 17.00       Belajar, Magang.
17.00 – 18.15       Mandi sore
18.15 – 19.00       Belajar, Main Game, Browsing, Ngerjain Tugas.
19.00 – 23.00       Nonton tv dan tidur malam.

3.       Merancang kegiatan generik harian IDEAL
Dari kegiatan generik harian yang ideal, buatlah rencana kegiatan generik harian IDEAl yang sesuai dengan peserta. Tidak perlu sama untuk setiap peserta. Tidak perlu merasa salah kalau berbeda dengan rekan lain. Yang terpenting, dapat mengalokasikan waktu yang cukup untuk belajar dan mampu dilakukan peserta secara konsisten setiap hari.

21.00 – 03.00       Tidur malam dan bangun tidur.
03.00 – 03.30       Solat Malam .
03.30 – 04.30      Mengerjakan Tugas dan Belajar
04.30 – 04.45.    Sholat
04.45 – 06.30        Lanjut Belajar / Mengerjakan Tugas
06.30 – 07.00       Olah raga
07.00 – 07.30.    Mandi
0730 – 0830      Sholat Duha
08.30 – 09.00       Persiapan kuliah/ Magang
09.00 – 12.00       Belajar, Magang.
12.00 – 13.00        Istirahat,Sholat,Makan siang
13.00 – 15.00       Belajar, Magang.
15.00 – 15.30    Sholat
15.30 – 17.00       Belajar, Magang.
17.00 – 18.15       Mandi sore
18.15 – 19.00       Belajar, Main Game, Browsing, Ngerjain Tugas.
19.00 – 21.00       Nonton tv dan tidur malam.


4.        Merancang cara belajar mandiri
a. Tuliskan tahapan/ cara belajar yang selama ini dilakukan.
b. Buatlah Cara Belajar Mandiri berdasarkan contoh Tahapan Belajar yang generik (lakukan tiap tahap secara disiplin).
Keterangan:
○ Variasikan cara belajar sesuai pribadi masing-masing (dengan musik, di alam, diskusi dengan teman, membaca di perpustakaan, dsb) agar seluruh instrumen belajar (pendengaran, penglihatan, hati, pikiran) semuanya menjadi aktif .

○ Pastikan motivasi dan rasa ingin tahu semakin besar dengan bertambahnya pengetahuan dan ketrampilan.


Jawab :

a. Baca, Amati, Pelajari Kemudian Praktekan dan yang penting Kembangkan.


a. Mencari Sumber belajar dari Internet Kemudian  dipelajari, dan dipraktekan kemudia saya harus bisa mengebangkannya.

Post a Comment

0 Comments